Pengembangan Alat Peraga Mousterlit (Mouse Dan Senter Elektrolit) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar

Authors

  • Nurmasyithah Masyithah Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar, Indonesia
  • Fitra Alifah Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47655/seulanga.v2i1.131

Keywords:

Alat Peraga, Mousterlit, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran kimia dengan menggunakan metode eksperimen lebih efektif, karena siswa dapat secara langsung menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya melalui Alat Peraga Praktik (APP) Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga pembelajaran Kimia yang dinamakan dengan mousterlit, dan menganalisis pengaruhnya terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development, dilakukan di laboratorium kimia MAS Ruhul Islam Anak Bangsa mulai bulan Maret-Mei 2022. Tahapan pengembangan APP mousterlit adalah; (1) analisis hasil belajar siswa materi larutan elektrolit, (2) mendeteksi masalah dan kebutuhan siswa, (3) mengumpulkan informasi dan literasi teori, serta (4) pengadaan alat dan bahan, (5) mendesain bentuk dan cara kerja APP mousterlit, (6) merangkai APP mousterlit, (7) menguji penggunaan APP mousterlit, (8) memperbaiki sistem operasional alat peraga mousterlit, (9) melakukan uji coba pemakaian APP mousterlit, (10) melakukan validasi APP mousterlit, (11) inventaris dan peluncuran produk. Hasil pretes menunjukkan bahwa, dari 36 orang siswa yang mengikuti tes, 2 siswa memperoleh nilai ≥ 80 (5,6 %) dan dan 34 siswa memperoleh nilai < 80 (94,4 %). Hasil postes dengan hasil 35 siswa memperoleh nilai ≥ 80 (97,2 %) dan 1 orang siswa memperoleh nilai < 80 (2,8 %). Aktivitas belajar yang diukur menggunakan lembar observasi menunjukkan sikap kerjasama, tanggung jawab berada dalam predikat sangat baik, sedangkan sikap teliti, mandiri dan disiplin mendapatkan predikat baik.  Hasil tes kinerja praktik yang mengukur ketepatan waktu, kesesuaian dengan prosedur kerja dan ketuntasan kerja  dengan nilai maksimal dicapai oleh “kelompok asam fosfat” dengan nilai 91,6.

Kata Kunci: Alat Peraga, Mousterlit, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar 

 

ABSTRACT

Chemistry learning using the experimental method is more effective, because students can directly apply the knowledge they have learned through the Chemistry Practical Teaching Toolkit (APP). This study aims to develop a chemistry learning aid called mousterlit, and analyze its effect on student learning outcomes and learning activities. The method used is Research and Development, carried out at the MAS Ruhul Islam Anak Bangsa chemical laboratory from March to May 2022. The stages of developing the Mousterlit APP are; (1) analysis of student learning outcomes on electrolyte solution material, (2) detecting students' problems and needs, (3) gathering information and theoretical literacy, and (4) procuring tools and materials, (5) designing the shape and workings of APP mousterlit, ( 6) assembling APP mousterlit, (7) testing the use of APP mousterlit, (8) improving the operational system of mousterlit teaching aids, (9) conducting trials using APP mousterlit, (10) validating APP mousterlit, (11) inventory and product launch. The pre-test results showed that, of the 36 students who took the test, 2 students scored ≥ 80 (5.6%) and 34 students scored < 80 (94.4%). The results of the post-test with the results of 35 students obtaining a score of ≥ 80 (97.2%) and 1 student obtaining a value of <80 (2.8%). The learning activity measured using the observation sheet shows an attitude of cooperation, responsibility is in a very good predicate, while conscientiousness, independence and discipline get a good predicate. The results of practical performance tests that measure timeliness, compliance with work procedures and work completeness with the maximum score achieved by the "phosphoric acid group" with a score of 91.6.

Keywords: Teaching Sids, Mousterlit, Learning Outcomes, Learning Activities

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmaningrum, H. P. (2017). Efektivitas penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar kimia dan fisika pada siswa kelas IX SMP Satu Atap Wasur Merauke. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(2), 69-77.

Dimyati Dan Mudjiono, (2009), Belajar Dan Pembalajaran, (Jakarta: Rineka Cipta

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Harahap, N. M. (2019). Pengembangan Alat Peraga Kit Uji Fotosintesis untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII-6 Di MTsN 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019. BIOILMI: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-9.

Hermawan, D., Rahmawanti, N., & Dony, N. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Kimia sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri pada Pembelajaran Kimia tentang Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan).

Junaidi, S. P. (2018). Sumber Belajar dalam Membelajarkan Sosiologi. Diambil dari Universitas Negeri Padang website: https://osf. io/preprints/inarxiv/93zca.

Juwairiah, (2013), Alat Peraga dan Media Pembelajaran Kimia, Skripsi S1. Universitas BBG Diakses.https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjfkMuXtuX_AhWKTgGHdEmD3kQFnoECCUQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.bbg.ac.id%2Fvisipena%2Farticle%2Fdownload%2F85%2F65&usg=AOvVaw0YkvdNnVazIgC4wbpolWsa&opi=89978449

Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional (C. R. Zahara (ed.); 1st ed.). Syiah Kuala University Press.

Kemdikbud (2011), Panduan pembuatan Alat Peraga sederha Kimia untuk SMA, Jakarta: Kemdikbud

Hamalik, O, (2004), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Prasetyarini, A., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W. (2013). Pemanfaatan Alat Peraga IPA Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 2(1), 7–10.

Purwaningrum, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Kartu Spu. Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA, 2(17), 1–12.

Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Alotrop, 5(2), 168-174.

Radhi, F, 2017 Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMAN 1 Sakti, Pidie. Skripsi S1. Fakultas Tarbiyah UIN Ar Raniry. Diakses https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjA_tOCtOX_AhWm4DgGHahxDkEQFnoECAwQAQ&url=https%3A%2F%2Frepository.ar-raniry.ac.id%2F2329%2F1%2FFAKHRUR%2520RADHI.pdf&usg=AOvVaw1aQyAIXDBEqbF3ABvkX96z&opi=89978449

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar, Yogyakarta: Deepublish.

Sutrisno, V. L. P. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Alat Peraga Mousterlit (Mouse Dan Senter Elektrolit) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar . (2023). Seulanga, 2(1), 13-26. https://doi.org/10.47655/seulanga.v2i1.131