Strategi Komunikasi Interpersonal Sebagai Upaya Penerapan Nilai Pendidikan Akhlak Bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Klampar III Proppo Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.47655/seulanga.v2i1.134Keywords:
Nilai, Pendidikan Akhlak, Komunikasi InterpersonalAbstract
ABSTRAK
Pendidikan akhlak yang diidentikkan dengan pendidikan karakter bertujuan mengembangkan nilai-nilai positif yang membentuk karakter bangsa. Penelitian ini mendeskripsikan muatan materi pendidikan nilai akhlak dan penerapan strategi komunikasi intrapersonal dalam pendidikan nilai akhlak di SDN Klampar III Proppo, Pamekasan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, telah dilaksanakan di SDN Klampar III pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kegiatan reduksi data, selanjutnya dilanjutkan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1)muatan pendidikan nilai akhlak yang utama diajarkan di SDN Klampar III tercantum dalam Kompetensi Dasar yang terkandung dari Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kegiatan pendidikan nilai tersebut dilakukan melalui kegiatan pembelajaran secara intrakurikuler, didukung pembelajaran ekstrakurikuler dan nonkurikuler, (2) strategi komunikasi intrapersonal dalam pendidikan nilai akhlak dilakukan oleh guru melalui tahapan transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Kegiatan transformasi nilai dilakukan dalam kegiatan pembelajaran secara tatap muka dengan menerapkan ragam metode, sehingga siswa mampu mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis dan mengevaluasi materi yang disajikan oleh guru tentang nilai-nilai kebaikan dan keburukan dalam sebuah pilihan tindakan seseorang. Pada tahap transaksi nilai terjadi interaksi dalam bentuk komunikasi secara aktif secara dua arah atau adanya interaksi yang baik antara guru dan siswa. Pada tahap trans-internalisasi nilai, guru melakukan pendalaman nilai mulai dari penerimaan nilai sampai proses menjadi karakter sehinga dapat berhasil sesuai tujuan yang diharapkan yaitu melahirkan siswa yang berakhlak mulia dan bertakwa kepada Allah.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Akhlak, Komunikasi Interpersonal
ABSTRACT
Moral education which is identified with character education aims to develop positive values that shape the character of the nation. This study describes the material content of moral values education and the application of intrapersonal communication strategies in moral values education at SDN Klampar III Proppo, Pamekasan, East Java. This research used a qualitative approach, which was carried out at SDN Klampar III in the even semester of the 2022/2023 academic year. Data collection was carried out using observation, interviews and documentation techniques. Data analysis started with data reduction activities, then continued with data presentation and drawing conclusions. The results of this study are (1) the main moral values taught at SDN Klampar III are listed in the Basic Competencies contained in the Subjects of Islamic Religious Education and Character. Values education activities are carried out through intracurricular learning activities, extracurricular and non-curricular activities, (2) intrapersonal communication strategies in moral values education are carried out by teachers through the stages of value transformation, value transactions and value transinternalization. Value transformation activities are carried out in face-to-face learning activities by applying a variety of methods, so that students are able to know, understand, apply, analyze, synthesize and evaluate the material presented by the teacher about good and bad values in a person's choice of action. At the value transaction stage there is interaction in the form of active two-way communication or good interaction between teachers and students. At the trans-internalization stage of values, the teacher deepens values, so that starting from receiving values until the process of becoming a character can be successful according to the expected goals, namely to produce students who have noble character and fear Allah
Keywords: Values, Moral Education, Interpersonal Communication
Downloads
References
Achlami HS, M. (2018). Internalisasi Kajian Kitab Akhlak Tasawwuf dan Pendidikan Karakter di Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 18(1), 39–54. https://doi.org/10.24042/ajsk.v18i1.3302
Alam, L. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.171
Al Dimasyqi, Jamaluddin Al Qasimi, (1984), Bimbingan Mencapai Tingkat Mukmin, terjemahan ZakariaAdham, Bandung : Diponogoro.
Al Ghazali, (2001), Minhajul ‘Abidin, terjemahan Abu Laila, cet.IX, Jakarta: Darul ulmum.Ansori, R. A. M. (2016). Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Kalam, 8, 16–18.
Diana, R., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1828–1835.
Hakim, L. (2012). Internalisasi Nila-nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim.
Hosna, R. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Shalawat Wahidiyah Bagi Pembentukan Karakter Mulia (Studi Kasus Di Smk Ihsanniat Rejoagung Ngoro Jombang). FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 67. https://doi.org/10.24952/fitrah.v4i1.877
Jaya,Yahya, 1994, Spiritual Islam, Jakarta: Ruhama
Nurul Fajriah. (2022). Penerapan Strategi Partisipatif Teaching And Learning Melalui Permainan Bisik Berantai (Al Asrar Al Mutasalsil) Dalam Pembelajaran Maharah Istima’. Seulanga: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 1(1), 24–32.
Pratiwi, W. I. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah. Jp3Sdm, 9(2), 30–46.
Rafsanjani, T. A., & Razaq, M. A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara. Profetika: Jurnal Studi Islam, 20(1), 16–29. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8945
Rizky, R. N., & Moulita. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Islam Melalui Komunikasi Interpersonal Orang Tua Pada Anak. Jurnal Interaksi, 1(2), 206–219.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif-Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutrisno. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Tasawuf Di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Al-’Adalah, 24(1), 1–10. https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i1.64
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Bahasa, (2005), Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Jakarta : Balai Pustaka,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 seulanga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.