Dampak Penerapan Strategi Manfaat, Unik, Publikasi, Inovasi dan Untung (MUPIU) Bagi Pengembangan Diri Guru MIN 34 ACEH UTARA

Authors

  • Nuraini Nuraini Madrasah Ibtidaiyah 34 Aceh Utara, Lhoksukon, Indonesia
  • Azhari Azhari Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Aceh Utara, Lhoksukon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47655/seulanga.v2i1.135

Keywords:

Strategi, MUPIU, Pengembangan Diri, Guru

Abstract

ABSTRAK

Motivasi Kerja sangat berpengaruh dalam membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan motivasi baru kepada guru dan tenaga kependidikan di lingkungan MIN 34 Aceh Utara dalam bekerja. Karena bekerja di madrasah bukan hanya untuk sekedar mencari finansial, namun lebih kepada perubahan yang dilakukan untuk mencapai kepuasan masyarakat, disamping sebagai wasilah amaliah yang dapat dipertanggungjawabkan sampai akhirat. Penelitian ini mendeskripsikan  strategi Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas manajerial untuk meningkatkan kualitas guru di MIN 34 Aceh Utara. Penelitian dilakukan pada tahun 2022, dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Sumber data utama adalah seluruh guru MIN 34 yang berjumlah 21 orang. Sumber data penunjang adalah dokumentasi berupa data-data keberhasilan guru dalam meningkatkan kompetensi dan melakukan pengembangan diri. Hasil penelitian, Strategi MUPIU (Manfaat, Unik, Publikasi, Inovasi dan Untung) disusun untuk mewujudkan salah satu misi MIN 34 Aceh Utara, yaitu “membina warga Madrasah   yang unggul dalam prestasi akademik dan nonakademik, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Pelaksanaan strategi MUPIU terdiri dari tahap perumusan atau perencanaan strategi (strategic planning), pelaksanaan strategi (Strategic Actuating), dan pengawasan dan evaluasi strategi (Strategic Controlling/Evaluating). Strategi MIPIU memberikan dampak bagi peningkatan kemampuan guru MIN 34 Aceh Utara,  dibuktikan dengan (1) guru mampu berprestasi dalam berbagai kegiatan, (2) guru mampu bekerja sama dalam melakukan pengembangan profesinya, dan (3) terciptanya budaya saling memberi salam serta bertindak jujur dalam pelaksanaan tugas. Keberhasilan penerapan strategi MUPIU di MIN 34 Aceh Utara dibuktikan dengan penghargaan dari Kakankemenag Kabupaten Aceh Utara Award tahun 2021 dalam kegiatan “Kolaborasi Guru Bersama Kepala Madrasah”. 

Kata Kunci: Strategi, MUPIU, Pengembangan Diri,  Guru

 

ABSTRACT

Work motivation is very influential in arousing, directing and maintaining behavior related to the work environment. This research aims to provide new motivation to teachers and education personnel in North Aceh MIN 34 environment at work. Because working in a madrasah is not just to earn money, but rather the changes made to achieve community satisfaction, as well as being amaliah who can be held accountable until the hereafter. This study describes the strategy of the Madrasa Head in carrying out managerial tasks to improve the quality of teachers at MIN 34 North Aceh. The research will be conducted in 2022, using a qualitative approach. The main data source is all MIN 34 teachers, totaling 21 people. Sources of supporting data are documentation in the form of data on teacher success in improving competence and self-development. Research results, StrategyMOBILE (Benefit, Unique, Publication, Innovation and Profit) is structured to realize one of the missions of MIN 34 North Aceh, namely "to foster Madrasah residents who excel in academic and non-academic achievements, both at the regional, national and international levels. Strategy executionMOBILE consists of the formulation or strategy planning stage (strategic planning), strategy implementation (Strategic Actuating), and strategy monitoring and evaluation (Strategic Controlling/Evaluating). The MIPIU strategy has an impact on increasing the ability of teachers at MIN 34 North Aceh, as evidenced by (1) teachers are able to excel in various activities, (2) teachers are able to work together in carrying out their professional development, and (3) the creation of a culture of greeting each other and acting honestly in execution of tasks. Successful implementation of the strategyMOBILE at MIN 34 North Aceh is evidenced by the award fromKakankemenag North Aceh District Award in 2021 in the "Teacher Collaboration with Madrasah Head '' activity.

Keywords: Strategy, MIPIU, Self-Development, Teacher

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R., & Musa, M. (2011). The study of employee satisfaction and its effects towards loyalty in hotel industry in Klang Valley, Malaysia. International Journal Of 2(3),147–155.

http://www.ijbssnet.com/journals/Vol._2_No._3_[Special_Issue_-_January_2011]/17.pdf

Aeni, N. (2013). Strategi Strategi Strategi Pengembangan Pengembangan Pengembangan Sekolah Sekolah Sekolah Unggulan Unggulan Unggulan Sma Batik 1 Surakarta. Universitas Universitas Universitas Muhammadiyah Muhammadiyah Muhammadiyah Surakarta.

Amabile, T. M., Conti, R., Coon, H., Lazenby, J., & Herron, M. (1986). Assessing the Work Environment for Creativity. The Academy of Management Journal, 16(4), 1154–1184.

Dessler, G. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1 (10th ed.). PT Indeks.

Ferdinand, A. (2018). Keunggulan Diferensiasif. In Fakultas Ekonomi universitas di ponegoro (Vol. 12, pp. 1–15).

Fiske, J. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi (3rd ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Kartajaya, H. (2005). Positioning, diferensiasi, dan brand (C. Rahadiansyah (ed.); 4th ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. Springer.

Kotler, P. (1997). Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian (1st ed.). Erlangga.

Muhammad, S. (2012). Strategi pemerintahan : manajemen organisasi publik (1st ed.). Erlangga.

Pendis. (2016). Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 721 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Organisasi Pusat Pengembangan Madrasah. Kementerian Agama Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suyanto. (2019). Membuat Rekomendasi yang efektif dengan Double Smarts. BAN SM2019. https://bansm.kemdikbud.go.id/artikel_/read/19

Thompson, A. A., Peteraf, M. A., Gamble, J. E., & Strickland, A. J. (2008). Strategic Management: Crafting and Executing Strategy, Concepts and Cases (16th ed.). McGraw-Hill.

Wati, Y. D. K., & Murtadlo. (2021). Strategi Diferensiasi dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Kejuruan (Studi Kasus di SMKN 5 Bojonegoro). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 965–980.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Dampak Penerapan Strategi Manfaat, Unik, Publikasi, Inovasi dan Untung (MUPIU) Bagi Pengembangan Diri Guru MIN 34 ACEH UTARA. (2023). Seulanga, 2(1), 57-68. https://doi.org/10.47655/seulanga.v2i1.135