Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Secara Daring di SD Negeri Ngetal Seyegan, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.47655/wv3z6m07Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengelolaan pembelajaran PAI di SDN Ngetal Seyegan yang dilaksanakan secara daring. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research, dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2021. Sumber data penelitian adalah Kepala Sekolah, guru PAI, teman sejawat guru, dan siswa berjumlah 20 orang. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan administrasi guru PAI. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, guru PAI menyiapkan RPP, materi ajar dalam bentuk video dan Power Point Slide. Media dan alat pembelajaran yang digunakan adalah video, Lembar Kerja Siswa, dan sarana pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi zoom meeting dengan pendekatan kontekstual menggunakan metode tanya jawab, ceramah, diskusi dan penugasan. Penilaian pengetahuan dengan tes tulis. Penilaian ketrampilan dilakukan dengan tes kinerja. Penilaian sikap menggunakan instrumen penilaian diri. Kendala pembelajaran PAI secara daring pada tahap perencanaan adalah keterbatasan kemampuan guru dalam menggunakan alat dan media teknologi, keterbatasan sumber daya teknologi yang tersedia di SDN Ngetal. Kendala pada tahap pelaksanaan pembelajaran adalah guru PAI menghadapi kesulitan dalam, 1) memastikan keterlibatan dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran, 2) memastikan siswa telah memahami materi secara optimal, 3) menerapkan langkah-langkah di RPP. Pelaksanaan penilaian diri kurang dipahami prosedur dan tujuannya oleh siswa dan pendampingnya. Kegiatan penilaian sikap secara observasi tidak dapat dilakukan maksimal ketika guru atau siswa keluar dari ruang zoom karena kendala jaringan internet atau siswa menutup fitur video. Guru tidak dapat melakukan remedial sesuai target karena terdapat beberapa siswa tidak mengirimkan tugas tepat waktu.
Downloads
References
Aly, A., & Thoyibi, M. (2020). Violence in online media and its implication to Islamic education of Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 10(1), 177–198. doi: 10.18326/ijims.v10i1.177-198
Asep. (2022, Maret 7). Kegiatan Pembelajaran PAI di SDN Ngetal Masa Pandemi Covid-19. (M. Jailani, Pewawancara)
Astriana Wingka dan Mustahidang. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Pq4r (Preview, Question,Read, Reflect, Recite, Dan Review) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI. Journal of the Mining Institute of Japan, 81(922), 235–236. doi: 10.2473/shigentosozai1953.81.922_235
Bensaid, B., Machouche, S. B. T., & Tekke, M. (2021). An Islamic Spiritual Alternative to Addiction Treatment and Recovery. Al-Jami’ah, 69(1), 127–162. doi: 10.14421/ajis.2021.591.127-162
Bloom, B. S. (1979). Taksonomy of Educational Objetives. London: Longman Group Ltd.
Chamidiyah, C. (2015). Pembelajaran Melalui Brain Based Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2). doi: 10.21043, Edukasia.V10I2.795
Darmadi, H. d. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alphabeta Fatimah Kadir. (2015). Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Meningkatkan Pendidikan Masa Depan. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 135–149.
Farid, A. (2023, November Selasa). Perbedaan Google Meet dan Zoom Meeting, Mana Yang Baik? Diambil kembali dari https://www.exabytes.co.id/blog/perbedaan-google-meet-dan-zoom-meeting-mana-yang-baik/#Apa-Itu-Google-Meet
Fauzi, A. (2014). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Gardner, H. (2014). Multiple Intelligences (Saputra Lyndon (ed.)). Tangerang Selatan: Interaksara.
Harahap, Z. M. R., & Suyadir. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Behaviorisme Berbasis Neurosains di SD Muhammadiyah Purbayan. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 05, 38–53.
Haris, A. H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif Is. al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 64.
Haris, A. H. (2022). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. , 9(1), 64-82. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(5). doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3969
Hariyanto, D. d. (2023). Pengelolaan Pembelajaran pendidikan Agama Islam. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 2(8). Diambil kembali dari https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal
Harto, K. B. (2013). Active Learning Dalam Pembelajaran PAI. Palembang: Awfa Media.
Hermanto Nasution, M. (2020). Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Agama Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 53–64.
Hidayat, H. d. (2022). Pengelolaan Pembelajaran PAI Untu Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, Januari-Juni 2022, 10 (1).
Jailani, M. (2022). Development of Arabic Learning Media Innovation from Neuroscience Perspective for Santri : Implications in the Development of Intellectual Property Rights in Islamic Boarding Schools. Al-Ta’lim Journal Faculty of Islamic Education and Teacher Training UIN Imam Bonjol Padang, 29(2), 150–163. doi: http://dx.doi.org/10.15548/jt.v29i2.734
Jailani, M., & Huda, M. (2022). Implementation of Neuroscience-Based Multiple Intelligences Theory : To Improve the Intelligence of Students in Ma ’ had. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(2), 345–362. doi: 10.24042/albayan.v14i2.12211
Kemendikbud RI. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. In Biro Hukum Kemendikbud RI (Vol. 147, pp. 11–40).
Kustejo (2023). Wawancara tentang Manajeman Pembelajaran Masa Covid-19 di SDN Ngetal Seyegan. Seyegan, Sleman, Yogyakarta.
Majid, A. (2012). Bandung: Remaja Rosdakarya.
M. Basyiruddin. (2002). Metode Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Muhammad Miftakhuddin. (2020). Pengembangan Model Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Empati pada Generasi Z. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 1–16.
Novia, W., & Wasehudin, W. (2020). Penggunaan Media Sosial dalam Membangun Moderasi Beragama di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(2), 99–106. doi: 10.15575/hanifiya.v3i2.10017
Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns, 2(1), 368.
Nurul Jeumpa. (2021). Macam-Macam Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Al Fathanah, 1(1), 46–63.
Prasetia, S. A., & Fahmi, M. (2020). Reorientasi, Peran dan Tantangan Pendidikan Islam di Tengah Pandemi. Tarbawi, 9(1), 21–38. doi: 10.36781/tarbawi.v9i1.3128
Prihantoro, A. (2021). Kegagalan Asesmen Autentik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Dan Menengah. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11, 29–54.
Ramadhani, R. (2020). Platform Asesmen untuk Pembelajaran Daring: Teori dan Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rustaman, N. Y. (2010). Hasil penilaian portofolio. Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 1–28.
Rusman. (2020). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Tenaga Pendidik. Jakrta: Raja Grafindo Pers.
Saúd, U. S. (2014). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Rosdakarya.
Setyawan, A., & Widodo, H. (2019). Evaluasi Standar Proses Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Playen. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 316–343.
Siti Khasiah Rahmah, R. sa’diyah. (2017). Strategi pembelajaran PAI pada SLB SD Tuna Grahita Kelas Awal. BELAJEA, 2(01).
Siti Muhayati. (2021). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menangkal Radikalisme. Syntax Idea, 14(1), 1–13.
Suyadi, Nuryana, Z., Sutrisno, & Baidi. (2022). Academic reform and sustainability of Islamic higher education in Indonesia. International Journal of Educational Development, 89, 102534. doi: 10.1016/j.ijedudev.2021.102534
Sumantri, A. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tamrin, F. M. (2019). Instrumen Assessmen Ranah Kognitif, 121. Al Liqo’, 04, 121–139.
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. doi: 10.17509/eh.v11i1.11905
Usman, M. U. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuhairini. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 seulanga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.