Kepuasan Pemangku Kepentingan Terhadap kompetensi Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap Alumni MIN 9 Kota Banda Aceh Tahun 2020-2022
DOI:
https://doi.org/10.47655/seulanga.v2i2.184Keywords:
Pemangku kepentingan, alumni, sikap, pengetahuan, ketrampilanAbstract
Tracer study atau survey kepuasan pemangku kepentingan terhadap kompetensi alumni sebuah lembaga pendidikan merupakan bagian penting dalam proses penjaminan mutu yang dilakukan dengan cara melacak kompetensi alumni setelah lulus. Tracer study juga penting dalam rangka perbaikan terus menerus dalam upaya pengelolaan madrasah/sekolah yang bermutu. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran terhadap kepuasan pemangku kepentingan terhadap kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan alumni MIN 9 tahun 2020-2022. Penelitian mengunakan pendekatan mixed methods research. Informan/responden adalah pemangku kepentingan yang terdiri Kepala Madrasah dan Kepala Sekolah, Wakil Kepala bidang kesiswaan, dan guru jenjang SMP/MTs; Kepala desa, Imam masjid dan tokoh masyarakat sesuai alamat alumni, komite madrasah serta orang tua alumni, berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei, observasi, telaah dokumen, dan wawancara. Pengumpulan data mulai tanggal 17 Juli 2023 sampai dengan 31 Agustus 2023. Detil langkah-langkah kegiatan sebagai berikut; (1) menetapkan masalah, membuat hipotesis, menentukan tujuan penelitian, menetapkan sampel, menyusun instrumen, melakukan pengumpulan data, memproses data, menganalisis data, menampilkan dan membahas analisis data dan menyusun laporan. Hasil Penelitian, tingkat kepuasan pemangku kepentingan terhadap; (1) Sikap alumni; sikap religius (93,5% sangat memuaskan, 6,5% cukup memuaskan), sikap kejujuran (89,1% sangat memuaskan, 10,9% cukup memuaskan), sikap bertanggungjawab (87% sangat memuaskan, 13% cukup memuaskan), sikap disiplin (9,1% sangat memuaskan, 10,9% cukup memuaskan). (2) Aspek pengetahuan alumni; bidang ilmu pengetahuan (84,8% sangat memuaskan, 15,2% cukup memuaskan), bidang teknologi (78,3% sangat memuaskan, 19,6% cukup memuaskan, dan 2,2 % kurang memuaskan), bidang seni (87% sangat memuaskan, 13% cukup memuaskan), bidang budaya (80,4% sangat memuaskan, 19,6% cukup memuaskan). (3) Aspek ketrampilan; kreativitas dan inovasi (84,8% sangat memuaskan, 15,2% cukup memuaskan.), produktifitas (82,6% sangat memuaskan, 17,4% cukup memuaskan), komunikasi (91,3% sangat memuaskan, 8,7% cukup memuaskan), kolaborasi (76,1% sangat memuaskan, 23,9% cukup memuaskan). Prioritas utama MIN 9 Kota Banda Aceh dalam meningkatkan kualitas alumni ke depan adalah bidang teknologi.
Downloads
References
Maidiana. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY: Journal Of Education 1(2),20-29 DOI: https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2
Moktis, Hendrika N, Indrayani, Lilis, Zulkarnain. (2020). Sistem Informasi Tracer Study Alumni Berbasis Website. Jurnal ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika “JISTI’’. 392). P-ISSN : 2620-5327
Trimurtini, Muslikah, Wahzudik, Niam. (2019). Analisis Kulitas lulusan hasil Tracer Study Pda Pengguna Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan. Kreatif, Jurnal Kependidikan Dasar. 10 (1). P-ISSN: 2087-2666, E-ISSN: 2580-8904. 1-8. DOI: https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i1.25463
Saiful, Muhammad, Sudianto, Aris, Nurhidyti (2019). Penerapan Sistem informasi Tracer Study untuk Mengetahui Tingkat kontribusi Perguruan Tingi dengan Kompetens lulusan (Studi kasus Fakultas Teknik Universitas Hamznwadi0. Infotek:Jurnal informatika dan teknologi. 2(1) 43-52. DOI : 10.29408/jit.v2i1.942
Widodo, T. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Solo:UNS Pre
Schombrug, Harald. 2003. Tracer Study on Hinger Educatiton, Melbourne: MUP
Miarso. Yusuf hadi. 2008 Peningkatan Kualifikasi Guru dalam Perspektif Teknologi Pendidikan, Jurnal Pendidikan Penabur Guru Besar. Emeritus Universitas Negeri Jakarta.
Aimah, Siti, Nurfitria, Qoni Wanda. (2023). Tracer Study Tolok Ukur Kualifikasi Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darusalam (JMPID). 5(1) E-ISSN;2722-7146, 77-90
Zulaiha, Siti, Meldina, tika, Saputr, Chndra Dio, Astuti, Yuli Tri. (2021), Tracer Studi: Stui rekam jejak dan Tingkat kepuasan Penguna Terhadap Lulusan Program Studi Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam negeri Curup. Ar Riayah, Jurnal Pendidikan dasar. 5(1). 75-96. P-ISSN 2580-362X, E- ISSN 2580-3611 DOI: 10.29240/jpd.v5i1. 2416
Yunus, dan Rusli, rahmatullah. (2023). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan: Pengertian, lembaga, Sistem, Proses. Cet. Pertama. Indramayu: Penerbit Adab.
John W. Creswell. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2012
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 seulanga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.