Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi di MAN Insan Cendekia Sorong

Authors

  • Ahmad Syafi'i UIN Alauddin Makassar
  • Nur Wahid Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47655/6dsy1a47

Keywords:

talaqqi, tahfiz Al Qur'an, MAN IC Sorong

Abstract

Salah satu Standar Kompetensi Lulusan MAN Insan Cendekia Sorong adalah syarat kelulusan yang harus dipenuhi sebelum menyelesaikan studi. Siswa wajib menyelesaikan hafalan Al-Qur’an minimal 3 juz dengan mutqin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan implementasi metode talaqqi, faktor pendukung dan penghambatnya dalam pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an bagi siswa MAN Insan Cendekia Sorong. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskripitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dan uji kredibilitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian, implementasi program tahfiz Al-Qur’an dengan metode talaqqi di MAN Insan Cendekia Sorong terbagi atas tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi berdo’a, pengecekan tugas, dan pengecekan kesiapan siswa. Tahap pelaksanaan diawali dengan kegiatan ustaz membaca ayat dengan tartil dan tahsin lalu diikuti oleh siswa. Siswa membacakan kembali dan mengulang-ulang sampai terhafal, hafalan disetor kepada teman, dan hafalan lancar disetor kepada ustadz, pada pertemuan berikutnya disetor kembali hafalan muraja’ah. Tahap evaluasi, implementasi metode talaqqi mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an terutama dalam aspek tajwid dan fasahahnya. Intensitas siswa berinteraksi dengan Al-Qur’an mampu merubah perilaku menjadi lebih santun dan berakhlak. Siswa mampu berprestasi dalam lomba dalam seperti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Seleksi Tilawatil Al Qur’an dan Hadis (STQH), serta Olimpiade Al-Qur’an baik di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi. Faktor pendukung keberhasilan metode talaqqi ialah manajemen waktu, lingkungan berbasis pondok pesantren, pembatasan alat komunikasi, serta dewan asatidz yang kapabilitas dan kompeten. Sedangkan faktor penghambatnya ialah malas muraja’ah dan aktivitas siswa yang beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulwaly, C. (2019). 60 Godaan Penghafal Al-Qur’an dan Solusi Mengatasinya. Farha Pustaka.

Agama, K. (2004). Al-Jumanat al-’Ali: Al-Qur’an dan Terjemahnya. J-Art.

Amaliah, N. (2023). Implementasi Metode Talaqqi pada Program Taḥfiẓ Al-Qur’an Juz 30 (Studi Kasus Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Mu’awanah Petukangan Utara Jakarta Selatan). Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Anita. (2022). Implementasi Metode Talaqqi pada Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tahfidz Putri Anak Krapyak Yogyakarta. Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Ansari, M. I., Hafiz, A., & Hikmah, N. (2020). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 180–194. https://doi.org/https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.359

Dandian, S. R., Kurniawan, M. I., & Saipon, A. (2023). Strategi Guru Tahfidz Putri dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santriwati Tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor. SEDU: Islamic Education Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 1(1), 8–15.

Harahap, N. S., Siregar, F. A., & Hasibuan, H. (2023). Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa MTs Nurul Falah Panompuan Tapanuli Selatan. Islamika, 5(3), 1267–1280.

Hidayat, I. M., & Mabrur, H. (2023). Strategi Pembelajaran Santri Tahfidz Oleh Kh. Agus Rifan Pengasuh Ponpes Almadani Rawalo. IQSI-Jurnal Ilmu Al Qur’an Dan Studi Islam, 1(1), 30–43.

Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan al-Qur’an. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–24. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140

Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 245–256.

Khamid, A., Munifah, R., & Rahmawati, A. D. (2021). Efektifitas Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an pada Santri Pondok Pesantren. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 31–41.

Khoirulloh, A. N., Hafidz, & Nashihin, H. (2023). Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Griya Qur’an 3 Klaten. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 863–877.

Maharani, Y. (2018). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29, 30 Untuk Siswa Kelas 5 Di MI Muhammadiyah Program Khusus Kenteng Nogosari Boyolali.

Marfiyanto, T., Hasanah, U., & Futaqie, S. A. (2022). Model Pembelajaran Tahfidz dalam Menguatkan Hafalan Al-Qur’an di SDI Plus Al-Azhar Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3960–3975.

Muktafi, A., & Umam, K. (2022). Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 194–205.

Murtadlo, M. K. A., Nasokah, & Munawaroh, H. (2023). Manifestasi Qur’an Surat Al-Ahqaf (13-14) pada Upaya Membangun Perilaku Istiqomah pada Proses Menghafal Al-Qur’an di SD Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 107–118.

Nurbaiti, R., Wahyudin, U. R., & Abidin, J. (2021). Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 55–59.

Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861

Qawi, A. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Di MTsN Gampong Teungoh Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 16(2), 265–283.

Qhotimah, Q., Nashir, M. J., & Gunawan, H. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Talaqqi terhadap Keberhasilan Hafalan Al-Qur’an. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi , 10(3), 139–152.

Rifki, A. dkk. (2023). Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sulaimaniyyah. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 7(1), 113–136.

Rizki, N. J., Qomariyah, S., Babullah, R., Erviana, R., & Afifah, S. N. (2023). Konsep Pendidikan SMP Terpadu Al-Ghifari Islamic Bording School Sukabumi. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 60–69.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Kencana.

Sa’adiah, S. I., Wahyuni, S. S., Rustandi, S., Suhaemi, F., & Maulana, I. (2023). Prespektif Al-Qur’an dalam Manajemen Waktu Penghafal Al-Quran. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 3(2), 93–100.

Saputra, D. (2021). Implementasi Metode Tasmi’ dan Takrir dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 160–182.

Shihab, M. Q. (2017). Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.

Shihab, Q., & Shihab, N. (2021). Hidup Bersama Al-Qur’an 1: Moderasi dan Tujuan Pendidikan Agama Islam, Tanya Jawab Seputar Puasa, Zakat, Haji, Al-Qur’an, Agama dan Budaya. Lentera Hati.

Sorong, M. I. (2024). MAN IC Sorong Perdana Gelar Tasyakuran Tahfidzul Qur’an. Manics.Sch.Id. https://manics.sch.id/5574-2/

Sugiyono. Metodologi Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta, 2013.

Syafi’i, A., Haddade, H., & Munir, M. (2023). Penerapan Metode Muraja’ah Darasa Patappulo Seddi pada Majelis Qurra’ Wal Huffadz As’adiyah di Masjid Jami’ Sengkang. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 89–110. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jtw.v8i01.9338

Syafi, A., Sulkifli, S., Bakar, A. A., Haddade, H., & Darnanengsih. (2023). ’Ulumul Qur’an: Faedah Dan Urgensinya Dalam Memahami Firman Tuhan. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 15(2), 305–314. https://doi.org/https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i2.929

Ubaid, M. (2014). 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an. Aqwam.

Wahid, Muhammad Nur dan Munawaroh, Wawancara Oleh Ahmad Syafií. Manajemen Waktu Dalam Pembelajaran Tahfiz Di MAN IC Sorong (10-11 Desember 2022).

Watson, A. (1984). Kamus Al-Munawwir. Pondok Pesantren Munawwir.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi di MAN Insan Cendekia Sorong. (2024). Seulanga, 3(1), 39-53. https://doi.org/10.47655/6dsy1a47