Peran Pustakawan Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Indonesia Bagi Siswa MIN I Dan MTsN I Kota Banda Aceh

Authors

  • Muhammad Iqbal Iqbal Universitas Malikussaleh
  • Ismawirna Universitas Malikussaleh
  • Ristawati Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47655/snj6r088

Keywords:

literasi, bahasa Indonesia, pustakawan, siswa

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan peran pustakawan dalam meningkatkan kemampuan literasi bahasa Indonesia bagi siswa MIN 1 dan MTsN 1 Kota Banda Aceh. Terdapat tantangan dalam mengoptimalkan kontribusi pustakawan terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa, meskipun perpustakaan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti sistem katalog OPAC dan koleksi buku cetak serta ebook yang cukup. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif pada bulan Juli-September 2023 di MIN 1 dan MTsN 1 Kota Banda Aceh. Sumber data primer terdiri dari pustakawan, kepala sekolah, siswa, dan orang tua siswa. Adapun data sekunder diperoleh dari laporan, dokumentasi kegiatan dan arsip pengelolaan perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan melalui tahapan mengidentifikasi pola, tema, dan tren, reduksi data, penyajian  data, penarikan kesimpulan, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan pada MIN 1 dan MTsN 1 Kota Banda Aceh memiliki peran yang krusial dalam kegiatan literasi dengan melakukan, 1) manajemen koleksi, 2) promosi literasi melalui berbagai kegiatan seperti baca bersama, diskusi buku, lomba menulis, seminar literasi, kelompok baca, klub baca, 3) kolaborasi dengan guru bahasa Indonesia, 4) melibatkan orang tua dalam kegiatan literasi, 5)  pengukuran efektivitas program literasi, dan 6) penghargaan terhadap prestasi literasi. Kesimpulan, pustakawan tidak hanya sebagai pengelola perpustakaan tetapi juga sebagai agen perubahan dalam membentuk budaya literasi yang mendukung peningkatan kompetensi siswa melalui pendidikan dan pembelajaran di Madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aharony, N., Julien, H., & Nadel-Kritz, N. (2019). Survey of information literacy instructional practices in academic libraries. Journal of Librarianship and Information Science, 52(4), 964–971. https://doi.org/10.1177/0961000619891762

Ashiq, M., & Warraich, N. F. (2022). A systematized review on data librarianship literature: Current services, challenges, skills, and motivational factors. Journal of Librarianship and Information Science, 55(2), 414–433. https://doi.org/10.1177/09610006221083675

Atmojo, S. E., Lukitoaji, B. D., & Muhtarom, T. (2021). Improving Science Literation and Citizen Literation Through Thematic Learning Based on Ethnoscience. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1), 012001. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012001

Caffrey, C., et.all, (2022). Library instruction and information literacy 2021. Reference Services Review, 50(3/4), 271–355. https://doi.org/10.1108/RSR-09-2022-0035

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE PublicationsSage CA: Los Angeles, CA.

Fatmawati, E., & Safitri, E. (2020). Kemampuan Literasi Informasi Dan Teknologi Mahasiswa Calon Guru Menghadapi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 214. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1863

Fitriah, S. (2021). Children with Special Needs In the Eyes of Islamic Law and the State. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 77–86. https://doi.org/10.37481/jmh.v1i2.231

Guo, J., et,all, (2013). Effectiveness analysis of CALIS III Subject Librarian Literacy Training. Library Management, 34(4/5), 372–384. https://doi.org/10.1108/01435121311328708

Hadianto, D., Damaianti, V. S., Mulyati, Y., & Sastromiharjo, A. (2021). The role of multimodal text to develop literacy and change social behaviour foreign learner. International Journal of Instruction, 14(4), 85–102. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1446a

Jayadi, H., dk, (2021). Pengembangan Literasi dan Implementasi Kebijakan Publik dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Bersama Lembaga Mandiri Nafis Fondation Dalam Perspektif Hukum Bisnis. Madaniya, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.53696/27214834.53

Kepp, J. J. (2023). Building an Evidence-Based Training Curriculum for Public Order Policing: A Case Study BT - Public Order Policing: A Professional’s Guide to International Theories, Case Studies, and Best Practices (B. Bürger, T. D. Herold, & R. Lee (eds.); pp. 449–464). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-43856-1_21

Levesque, K. C., Breadmore, H. L., & Deacon, S. H. (2021). How morphology impacts reading and spelling: advancing the role of morphology in models of literacy development. Journal of Research in Reading, 44(1), 10–26. https://doi.org/10.1111/1467-9817.1231

Lipton & Hubble. (2016). Sekolah Literasi Perencanaan & Pembinaan. Nuansa.

Machmud, M., Musa, A. E. Z., Suprapto, B., & Salahudin. (2023). The Role of Public Libraries in Improving Public Literacy Through Twitter Social Media in Indonesia BT - Recent Advances in Data and Algorithms for e-Government (C. Gaie & M. Mehta (eds.); pp. 213–234). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-22408-9_10

Manuell, R. (2019). The Education and Training Role of Australian Academic Librarians. Journal of the Australian Library and Information Association, 68(1), 86–87. https://doi.org/10.1080/24750158.2018.1552389

Martin, J. A., Reaume, K. M., Reeves, E. M., & Wright, R. D. (2012). Relationship building with students and instructors of ESL. Reference Services Review, 40(3), 352–367. https://doi.org/10.1108/00907321211254634

Merga, M. K. (2020). School Librarians as Literacy Educators Within a Complex Role. Journal of Library Administration, 60(8), 889–908. https://doi.org/10.1080/01930826.2020.1820278

Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11628

Srirahayu, D. P., Kusumaningtiyas, T., & Harisanty, D. (2021). The Role of the School Librarian toward the Implementation of the School Literacy Movement (Gerakan Literasi Sekolah) in East Java. Library Philosophy and Practice, 2021(2018), 1–15.

Subakti, H., Oktaviani, S., & Anggraini, K. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2489–2495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1209

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wang, T., Lund, B. D., Widdersheim, M., & Fay, B. (2021). Comparison of U.S. 4-year and community college librarians’ perspectives on competencies, challenges, and educational preparation for the instructional role. Journal of Librarianship and Information Science, 54(4), 703–718. https://doi.org/10.1177/09610006211042661

Williamson, J. (1988). One Person Libraries and Information Units: Their Education and Training Needs. Library Management, 9(5), 2–72. https://doi.org/10.1108/eb054912

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Pustakawan Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Indonesia Bagi Siswa MIN I Dan MTsN I Kota Banda Aceh. (2024). Seulanga, 3(1), 69-80. https://doi.org/10.47655/snj6r088