Komunikasi Yang Baik dan Efektif dalam Pendidikan Anak
(Parenting Communication dalam Surat Lukman Ayat 13-19 dan Surat as-Saffat ayat 102)
DOI:
https://doi.org/10.47655/3fp11097Keywords:
Parenting Communication, Komunikasi efektif, Pendidikan AnakAbstract
Ajaran agama Islam membimbing setiap individu agar mampu melakukan komunikasi yang baik dalam setiap interaksi dalam kehidupannya, diantaranya dalam kegiatan pendidikan anak. Komunikasi antara orang tua dan anak yang sesuai dengan petunjuk Al-Quran berdampak pada tumbuhnya generasi yang memiliki karakter kuat, memiliki pemikiran kritis, dan nilai-nilai kebaikan yang mendukung keberlanjutan masyarakat. Penelitian ini mengkaji tentang komunikasi yang baik melalui parenting communication yang terdapat dalam Surat Lukman ayat 13-19 dan Surat as-Saffat ayat 102. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui library research, penelitian ini disajikan melalui hasil content analysis, untuk memperoleh hasil penelitian yang berkaitan dengan parenting communication dan implikasinya terhadap pendidikan anak. Parenting communication dalam Surah Luqman ayat 13 memberikan penekanan terkait sesuatu yang belum dapat dipercayakan keputusannya kepada anak seperti keimanan. Orang tua perlu mendoktrin dengan tegas anak agar dapat memegang erat pesan laa tusyrik billah (jangan engkau menyekutukan Allah). Dialog antara Luqman dan anaknya dalam surat Lukman ayat 13-19, menggambarkan komunikasi yang bijak seorang ayah dalam memberikan nasihat tentang tauhid, ibadah, dan etika. Komunikasi semacam ini didasarkan pada kasih sayang dan kebijaksanaan. Dialog dalam keluarga yang paling utama memuat ajaran dan nilai-nilai Al-Quran serta amalan-amalan sunnah, sehingga memberikan ruang bagi anak-anak untuk belajar menjadi baik secara totalitas. Parenting communication dalam Surat As-Saffat ayat 102 mengajarkan cara berkomunikasi yang dimulai dari kejujuran, menyampaikan amanah, menanggapi dengan akhlak, kasih sayang, kesabaran, keteladanan, dan demokrasi. Komunikasi antara ayah (Nabi Ibrahim as) dan anaknya (Nabi Ismail as) tersebut menampilkan akhlak dan kasih sayang. Nabi Ibrahim sebagai ayah memberikan keteladanan dalam menyikapi masalah kepada anaknya dengan komunikasi yang tenang, jelas dan menyiratkan ketaatan yang tinggi kepada Allah. Sebaliknya, Ismail sebagai anak menanggapinya dengan demokratis dengan pertimbangan iman dan ketaatan kepada Allah juga. Dengan demikian parenting communication yang baik antara orang tua dan anak bukan sekedar transfer informasi, tetapi ada upaya membangun karakter, moralitas, dan identitas yang kuat pada anak-anak, sehingga komunikasi yang baik dan efektif dalam pendidikan anak menurut pendidikan Islam menekankan pentingnya kasih sayang, hikmah (kebijaksanaan), keteladanan, akhlak utama yaitu jujur, sabar, dan amanah keteladanan serta demokratis.
Downloads
References
Abdul Baqi, M. F. (1996). Mu’jam Al-Mufahras Li Alfadzil Quranil Karim. Kairo: Darul Hadits.
Afrizal, A. &. (2019). Mewujudkan Ketahanan Sosial Masyarakat Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Ekang Anculai Kabupaten Bintan. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 5(1), 627–641.
Aisyah, R. N. (2024). Strategies for Realizing a Sakinah Family in The Context of Families with Careers: Challenges and Solutions. As-Sakinah Journal of Islamic Family Law, 2(2), 68–74. doi:https://doi.org/10.55210/jhki.v2i2.435
Al Hamd, M. b. (2011). Koreksi Kesalahan Mendidik Anak, terj Muhammad Muhtadi. Solo: Kiswah Media.
Ariansyah, J. (2021). Building Communication between Family Members As A Fort of Family Resilience. Nurani: Jurnal Kajian Syari’ah Dan Masyarakat,, 21(2), 249-262. doi:https://doi.org/10.19109/nurani.v21i2.9766
Azizah, N. (2023). Permasalahan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, Implementasi Surat Lukman ayat 13-19 Sebagai Upaya Menghilangkan Budaya Fatherless. jurnal Almurtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 77-84. Diambil kembali dari https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/2184/1213
(2024). Data Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Diambil kembali dari https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Data Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan. . (2024). Diambil kembali dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Faidullah. (1995). Fath Ar-Rahman Li Thalib Ayah Al-Quran. Darul Fikr.
Frosch, C. A.-S. (2021). Parenting and Child Development: A Relational Health Perspective. American Journal of Lifestyle Medicine, 15(1), 45–59. doi:https://doi.org/10.1177/1559827619849028
Geopasial, B. (2024, November 28). Diambil kembali dari Kajian Muslimah: Komunikasi Inspiratif Menyentuh Anak dan Remaja Ala Rasulullah SAW: https://www.big.go.id/news/2024/10/30/kajian-muslimah-komunikasi-inspiratif-menyentuh-a
Geopasial, B. (2024, November 28). Kajian Muslimah: Komunikasi Inspiratif Menyentuh Anak dan Remaja Ala Rasulullah SAW. Diambil kembali dari Badan Informasi Geopasial: https://www.big.go.id/news/2024/10/30/kajian-muslimah-komunikasi-inspiratif-menyentuh-anak-dan-remaja-ala-rasulullah-saw
Hadarna. (2020). Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam. Didaktika: Jurnal Pendidikan, 9(1), 36-42. doi:DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.10
Hardjana, M. A. (2003). Intrapersonal and Interpersonal Communication. Jakarta: Kanisius.
Ibnu, I. (2017). Kepemimpinan Pribadi dan Sosial (Leadership) dalam Perspektif Hadis. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 17(1), 167–190. doi:https://doi.org/10.24042/ajsk.v17i1.1793
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2024). Diambil kembali dari Data Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan: https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Luthfiyah, F. L. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 13-19. doi:DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10252056
Ma‟arif, S. (2011). mutiara-mutiara dakwah KH HASYIM ASY’ARI. Bogor: Knza.
McDaniel, B. T. (2018). Technoference: Parent Distraction With Technology and Associations With Child Behavior Problems. Child Development, 89(1), 100–109. doi: https://doi.org/10.1111/cdev.12822
Muis, A. (2010). Communication. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Perlindungan, K. P. (2024). Data Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan. Diambil kembali dari https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Quthb, S. (1981). Fi Zhilal Al-Qur’an. Kairo: Dar al-Syuruq.
Rahmawati dan Gazali, M. (2019). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Al-Munzir, 163-183. Diambil kembali dari https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/download/1125/889
Rahmawati, d. G. (2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Al Munzir, 11(2), 163-181. Diambil kembali dari https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/download/1125/889
Respati, A. D. (2014). Hubungan Antara Ketahanan Keluarga dengan Kenakalan Remaja. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan0, 1(2), 101–108. doi:https://doi.org/10.21009/JKKP.012.07
Rusydi, A. (2019). Penafsiran Kisah Lukman Dalam Alquran: Relevansinya dengan PendidikanKeimanan dalam Keluarga. Ulinnuha, 8(1), 105-114. Diambil kembali dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/ulunnuha/article/view/293/181
Setianingsih, F. .. (2017). Peran Komunikasi Ayah dalam Perkembangan Mental Anak: Studi atas Santri Putri Pondok Tahfidz Karanganyar. Academica: Journal of Multidiciplinary Studies, 170–184.
Setiawan, A. (2017). Konsep Pendidikan Tauhid Dalam Keluarga Perspektif Pendidikan Islam. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 2(1), 1-21. Diambil kembali dari https://www.educasia.or.id/index.php/educasia/article/view/15
Setyowati, Y. (2015). Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). Jurnal Ilmu Komunikasi, 67–78.
Shihab, Q. (1996). Wawasan Al-Quran. Bandung: Mizan.
Siregar, L. Y. (2017). Pendidikan Anak dalam Islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 1 (2), 16-32, 16-32. Diambil kembali dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2033
Siregar, L. Y. (2017). PendidikanAnak dalam Islam. Bunayya, Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 16-32. Diambil kembali dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2033
Siregar, L. Y. (t.thn.). PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 16-32. Diambil kembali dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/2033/1505
Siregar, N. S. (2017). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dengan Perilaku Kenakalan Remaja. . Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 26–35.
Sokol, R. L. (2017). Parenting Styles and Body Mass Index: A Systematic Review of Prospective Studies among Children. Obesity Reviews, 18(3), 281–292. doi: https://doi.org/10.1111/obr.12497
Wafa, Z. (2023). Pendidikan Karakter dan Dakwah Dalam Kisah Luqman Al-Hakim Perpektif Tafsir Tematik. Jurnal Ad-Da’wah, 21(1), 52-69. Diambil kembali dari https://ejournal.iprija.ac.id/index.php/Ad-DAWAH/article/download/36/27/90
Yunus, M. (1989). Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 seulanga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.