Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Dan Penggunaan Media Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Makanan Halal Dan Haram Bagi Siswa Kelas VI A MI Al-Ishlah Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.47655/932b4174Keywords:
Model pembelajaran jigsaw, Media Pembelajaran Canva, Hasil BelajarAbstract
Hasil belajar materi makanan halal dan haram yang dicapai oleh siswa kelas VI A MI Al Islah Kota Sorong pada tahap prasiklus hanya mencapai ketuntasan 58, 4%. Dari 24 orang siswa yang diberikan tes terdapat 10 siswa (41,6%) tidak mampu mencapai nilai tuntas. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan untuk kompetensi materi makanan halal dan haram adalah ≥70. Mengatasi masalah tersebut, guru Fikih menyusun rencana pembelajaran tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw dan menggunakan media pembelajaran canva. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi makanan halal dan haram bagi siswa kelas VI A MI Al-Ishlah Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester ganjil 2024/2025. Waktu pelaksanaan tindakan dimulai dari pekan keempat bulan Juli sampai pekan ketiga bulan Agustus 2024. Tindakan berlangsung selama dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu tiap pertemuan 2 JP atau 2x 35 menit. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil tes diolah menggunakan rumus distribusi frekuensi. Sementara data hasil observasi dan dokumentasi diolah melalui tahapan pemilahan data, reduksi data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran Jigsaw dan penggunaan media canva dalam pembelajaran materi makanan halal dan haram pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29,1 %, dimana terdapat 21 siswa (87,5%) telah mencapai nilai tuntas. Adapun hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yakni 24 siswa atau seluruhnya mencapai nilai tuntas (100%). Kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran jigsaw dan penggunaan media canva dapat meningkatkan hasil belajar materi halal dan haram bagi siswa kelas VI A MI Al Islah Kota Sorong.
Downloads
References
Alfatih, Abdullah Muhammad. “Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Multimedia Interaktif di Madrasah ibtidaiyah.” SITTAH: Journal of Primary Education, 2024: 128-141.
Aminah, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dan Best Practice Bimbingan PTK Bagi Pengawas Sekolah/Madrasah. Nizamia Learning Center.
Ananda, T. A., & Tumiran, T. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 12295–12306.
Arkanudin, A., Ahmad, H. B., & Asmuni, A. (2024). Tantangan dan Peluang Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad Ke-21 pada Mata Pelajaran Fiqh. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 188–214.
Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). UMM Press.
Djamarah, S.B., dan Zain, A. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Farisia, dkk. “Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD.” Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT) 3, no. 3 (2024): 51-61.
Mahpudin, P. (2022). Upaya Guru dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Jigsaw pada Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 Gintung, Jayanti, Tanggerang, Banten. Aksioma Ad Diniyah: The Indonesian Journal Of Islamic Studies, 10(2).
Sunarti, S. (2024). Transformasi Pembelajaran Digital dengan Artificial Intelligence. Jurnal Perspektif, 17(1), 85–96.
Putra, Lovandri Dwanda dan Filianti. “Pemanfaatan Canva For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh.” Educate, Jurnal Teknologi Pendidikan 7, no. 1 (2022): 125-138.
Sujono, AR. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa.” Ta’dib 7, no. 1 (2019): 1-21.
Syafi’i, A., & Bulan, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Fikih pada Siswa Kelas VII D di MTs As’ adiyah Uloe Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think, Pair, and Share). Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://www.ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/78
Syafi’i, A., & Rapi, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran: Menerapkan Model Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(1), 52–70. https://doi.org/https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i1.470
Umam, M. R., & Hamami, T. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dan Madrasah. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 15(1), 1–16.
Yusuf, M., & Parapat, I. (2024). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa MTs Al Hakimiyah Paringgonan Materi Thaharah Melalui Model Pembelajaran Jigsaw. Pantak: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 1–9.
Zafi, A. A. (2020). Pemahaman dan Penghayatan Peserta Didik tentang Ibadah dalam Pembelajaran Fiqih di MI Manafiul Ulum Gebog Kudus. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 47–58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 seulanga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.