PENERAPAN STRATEGI PARTISIPATIF TEACHING AND LEARNING MELALUI PERMAINAN BISIK BERANTAI (AL ASRAR AL MUTASALSIL) DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.47655/seulanga.v1i1.4Keywords:
Partisipatif Teaching and Learning, Permainan Bisik Berantai, maharah Istima’Abstract
Pembelajaran bahasa Arab memiliki banyak variasi bunyi dari huruf hijaiyah, yang tidak sama dengan pelafalan bunyi huruf bahasa Indonesia. Siswa sering kesulitan menghafal mufradat, informasi dan pertanyaan, serta sulit menuliskan dan mengungkapkan kembali kata/kalimat yang didengarnya. Hal ini menyebabkan siswa kurang terampil dalam maharah istima’. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran partisipatif teaching and Learning melalui permainan bisik berantai (al asrar al mutasalsil) dalam pembelajaran maharah istima’. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, memadukan antara kajian literatur dan pengalaman penulis sebagai guru Bahasa Arab. Hasil analisis penulis dipaparkan menggunakan narasi ilmiah. Hasil Penelitian tentang langkah kegiatan pembelajaran: (1) siswa dibagi dalam 4 kelompok yang terdiri dari 6-7 orang. Satu persatu kelompok maju ke depan kelas dan membentuk barisan berderet ke belakang, (2) guru memberikan kertas yang berisi kalimat berbahasa Arab yang berkaitan dengan mufradat الهـواية (hobi/ kegemaran) kepada siswa yang berdiri paling depan pada masing-masing kelompok, (3) siswa tersebut membaca kalimat bahasa Arab tersebut dan membisikkan kepada siswa disampingnya, demikian terus hingga siswa yang terakhir, (4) siswa harus dapat membisikkan dengan suara yang jelas agar tidak terjadi kesalahan ketika kata sampai kepada peserta terakhir. Contohnya: pelafalan bunyi ق dan ك pada kata اَلْقِرَاءَةُ (membaca) dan اَلْكُرَّةُ (bola), karena makharijul hurufnya berbeda, (6) guru dan siswa dalam kelompok lain memberikan penilaian dengan cara mencatat kelompok yang tercepat menyelesaikan tugasnya dengan pengucapan yang fasih, (7) kelompok yang sudah tampil menuliskan mufradat ang dibisikkan tadi pada Lembar Kerja Kelompok, (8) kelompok yang membacakan kalimat bisikan dengan fasih adalah pemenangnya.
Kata Kunci: Partisipatif Teaching and Learning, Permainan Bisik Berantai, maharah Istima’
Arabic learning has many variations of the sounds of the hijaiyah (Arabic) letters, which are not the same as the pronunciation of the sounds of the Indonesian letters. Students often have difficulty in memorizing mufradat (vocabulary), information and questions as well as they also do in writing and rephrasing the words/sentences they listen to. This drives students to be less skilled in maharah istima' (listening skill). The purpose of this study is to describe the steps for implementing participatory teaching and learning strategies through the whisper-chain game (al asrar al mutasalsil) in maharah istima' learning. This study uses a qualitative approach, combining literature review and the author's experience as an Arabic teacher. The results of the author's analysis are presented using scientific narratives. The results of the study on the steps of learning activities: (1) students are divided into 4 groups consisting of 6-7 people. One by one the groups come to the front of the class and form a line backwards, (2) the teacher gives a paper containing Arabic sentences related to mufradat الهـواية (hobby) to the students who stand at the forefront of each group, (3) the student reads the Arabic sentence and whispers to the student beside him, so on until the last student, (4) the student must be able to whisper in a clear voice in order to avoid the mistakes when the word reaches the last student. For example: the pronunciation of the sounds ق and ك in the words اَلْقِرَاءَةُ (reading) and اَلْكُرَّةُ (ball), due to makharijul huruf (the place of the letter produced) are different, (6) the teacher and students in other groups give an assessment by recording the group that finishes the task the fastest with fluent pronunciation, (7) the group that has performed is requested to write down the mufradat that was whispered earlier on the Group Worksheet, (8) the group that reads the whispered mufradat fluently is the winner.
Keywords: Participatory Teaching and Learning, Whisper-Chain Game, Maharah Istima’
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 seulanga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.