Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Gramatikal, Tarjamah dan Muhadatsah Di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.47655/seulanga.v2i2.136Keywords:
Artifisial intellegence, Kompetensi Bahasa Arab, Gramatikal, TarjamahAbstract
Kendala pembelajaran bahasa Arab terdapat pada aspek identifikasi gramatika, penerjemahan, dan interpretasi ujaran lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis AI, kekurangan dan kelebihannya dalam pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi. Penelitian dilakukan pada tahun 2023, mengunakan pendekatan kualitatif, data-data dikumpulkan dari literatur berupa jurnal ilmiah, prosiding, buku dan hasil penelitian lainnya. Pemanfaatan AI dalam pembelajaran gramatikal, tarjamah dan muhadatsah dapat dilakukan dengan fitur-fitur AI berupa mesin pencarian dan penerjemahan seperti ICSApp, chatbot, nabiha, Google Search, dan Google Translate. ChatGPT, dan alexa juga dapat digunakan sebagai asisten virtual sebagaimana Google Search, dan Google Translate. Dalam pembelajaran gramatikal, AI dimanfaatkan untuk mengidentifikasi unsur gramatika bahasa Arab, seperti posisi i’rob, bentuk kata, dan kategorinya dengan Breadth First Search. Sistem ini dapat bekerja dengan baik hingga 95%. Penerapan AI dalam pembelajaran tarjamah menggunakan Google Translate. Penggunaan AI dalam pembelajaran muhadatsah memudahkan mahasiswa dalam mempelajari dan melatih kompetensi dialog. Penerapan AI menggunakan Voice Assistant mirip dengan mentor virtual. Mahasiswa dapat menggunakan Voice Assistant untuk mencari informasi, seperti referensi soal, artikel, buku, dll. Kelebihan fitur AI adalah meminimalisasi kesalahan, unlimited time, menciptakan keputusan lebih cepat, permanen, memberikan banyak kemudahan, konsisten dan teliti. Adapun kekurangannya adalah membutuhkan biaya, kurang kreatifitas, membuat pengguna menjadi malas karena hanya menjalankan perintah menurut programnya.
Downloads
References
Agussalim, A., & Haeriyyah, H. (2018). Semiotika Komputasional Aplikasi Mesin Penerjemahan. Nady Al-Adab, 15(2). https://doi.org/10.20956/jna.v15i2.10616
Ahmad, S. F., Rahmat, M. K., Mubarik, M. S., Alam, M. M., & Hyder, S. I. (2021). Artificial Intelligence and Its Role in Education. Sustainability (Switzerland), 13(22). https://doi.org/10.3390/su132212902
Al-Ghadhban, D., & Al-Twairesh, N. (2020). Nabiha: An Arabic dialect chatbot. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(3). https://doi.org/10.14569/ijacsa.2020.0110357
Al-Mohimeed, B. A., Al-Harbi, H. O., Al-Dubayan, G. S., & Al-Shargabi, A. A. (2022). Dynamic Sign Language Recognition Based on Real-Time Videos. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 18(1). https://doi.org/10.3991/ijoe.v18i01.27581
Alhassan, N. A., Saad Albarrak, A., Bhatia, S., & Agarwal, P. (2022). A Novel Framework for Arabic Dialect Chatbot Using Machine Learning. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/1844051
AlHumoud, S., Al Wazrah, A., & Aldamegh, W. (2018). Arabic Chatbots: A survey. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 9(8). https://doi.org/10.14569/ijacsa.2018.090867
Almurayh, A. (2021). The Challenges of Using Arabic Chatbot in Saudi Universities. IAENG International Journal of Computer Science, 48(1). https://www.iaeng.org/IJCS/issues_v48/issue_1/IJCS_48_1_21.pdf
Atwell, E., Brierley, C., Dukes, K., Sawalha, M., & Sharaf, A. (2018). An Artificial Intelligence Approach to Arabic and Islamic Content on The Internet. Proc NITS’2011 National Information Technology Symposium, King Saud University, Saudi Arabia. Data Protection Statements. https://doi.org/10.13140/2.1.2425.9528
Baothman, F., Alssagaff, S., & Ashmeel, B. (2021). Decision support system tool for arabic text recognition. Intelligent Automation and Soft Computing, 27(2). https://doi.org/10.32604/iasc.2021.014828
Cano, E. V. (2021). Artificial Intelligence and Education: A Pedagogical Challenge for The 21st Century. In Educational Process: International Journal (Vol. 10, Issue 3). https://doi.org/10.22521/EDUPIJ.2021.103.1
Chaudhry, M. A., & Kazim, E. (2022). Artificial Intelligence in Education (AIEd): a high-level academic and industry note 2021. AI and Ethics, 2(1). https://doi.org/10.1007/s43681-021-00074-z
Dickins, J. (2000). Thinking Arabic Translation, A course in translation methode. Routledge.
Ernawati, S., Wati, R., Maulana, I., Tinggi, S., Informatika, M., Komputer, D., & Mandiri, N. (2021). Penerapan Model Fountain Untuk Pengembangan Aplikasi Text Recognition Dan Text To Speech Berbasis Android Menggunakan Flutter. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST). https://repository.nusamandiri.ac.id/index.php/repo/viewitem/16342
Fahmi, A. K. (2021). Kesalahan Gramatikal dalam Penerjemahan Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Arab. Pena Persada.
Faqih, A. (2018). Penggunaan Google Translate dalam Penerjemahan Teks Bahasa Arab kedalam Bahasa Indonesia. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(2). https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i2.24216
Fayaz, A., Ahmad, S., Mansoor, M., Khairil, R., Shujaat, M. M., Hyder, M., & Irfan, S. (2022). Academic and Administrative Role of Artificial Intelligence in Education. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 14, Issue 3). https://doi.org/10.3390/su14031101
Feng, S., & Law, N. (2021). Mapping Artificial Intelligence in Education Research: a Network‐based Keyword Analysis. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 31(2). https://doi.org/10.1007/s40593-021-00244-4
Gocen, A., & Aydemir, F. (2020). Artificial Intelligence in Education and Schools. Research on Education and Media, 12(1). https://doi.org/10.2478/rem-2020-0003
Hartono, R. (2017). Pengantar Ilmu Menerjemah: Teori dan Praktik Menerjemah. Cipta Prima Nusantara.
Huberman, M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Rosdakarya.
Hwang, G. J., Xie, H., Wah, B. W., & Gašević, D. (2020). Vision, Challenges, Roles and Research Issues of Artificial Intelligence in Education. In Computers and Education: Artificial Intelligence (Vol. 1). https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100001
Lameras, P., & Arnab, S. (2022). Power to the Teachers: An Exploratory Review on Artificial Intelligence in Education. Information (Switzerland), 13(1). https://doi.org/10.3390/info13010014
Ma, Y., & Siau, K. L. (2018). Artificial Intelligence impacts on higher education. Thirteenth Midwest Association for Information Systems Conference, 42(5). https://aisel.aisnet.org/mwais2018/42/
Muaad, A. Y., Jayappa Davanagere, H., Benifa, J. V. B., Alabrah, A., Naji Saif, M. A., Pushpa, D., Al-Antari, M. A., & Alfakih, T. M. (2022). Artificial Intelligence-Based Approach for Misogyny and Sarcasm Detection from Arabic Texts. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/7937667
Muawanah, R., & Rifa’i, A. F. (2018). Analisis Kedudukan I’rab Kalimah Bahasa Arab Pada Kitab Al - Imrithi Menggunakan Algoritma Breadth First Search (BFS). JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 3(1). https://doi.org/10.14421/jiska.2018.31-06
Munajat, F. (2018). Problematika Pembelajaran At-Taraakiib Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Studi Kasus Pada Pembelajaran Al-Kitabah I Mahasiswa PBA Stain Kudus). Arabia, 10(2). https://doi.org/10.21043/arabia.v10i2.4281
Nord, C. (2018). Translating as a purposeful activity: Functionalist approaches explained. https://doi.org/10.4324/9781351189354
Nouri, J. (2019). Editorial of the First Issue of the International Journal of Learning Analytics and Artificial Intelligence for Education. International Journal of Learning Analytics and Artificial Intelligence for Education (IJAI), 1(1). https://doi.org/10.3991/ijai.v1i1.11073
Nurhamim, Jumhana, N., & Mubarok, R. H. (2022). Ragam Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT. CV. ISTANA AGENCY.
Popenici, S. A. D., & Kerr, S. (2017). Exploring The Impact of Artificial Intelligence on Teaching and Learning in Higher Education. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1). https://doi.org/10.1186/s41039-017-0062-8
Rasyid, M. (2018). تطویر مواد تقسیم الكلام العربي على أساس أراء تمام حسان مفتي رشید قسم تعلیم اللغة العربیة, كلیة التربیة ,الجامعة الاسلامیة الحكومیة بكادیري. ASALIBUNA, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.30762/asa.v1i2.827
Ratama, N., & Munawaroh. (2019). Konsep Kecerdasan Buatan Dengan Pemahaman Logika Fuzzy dan Penerapan Aplikasi. In Uwais. Uwais.
Ritonga, S., & Setiadi, F. M. (2022). Penerapan Metode Gramatikal Dan Terjemah Dalam Progam Khusus Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Kampus Sekolah Tinggi. HIKMAH: Jurnal Pendidikan …. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/download/4119/2998/11709
Saepudin. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab: Teori dan Aplikasi. CV. Orbittrust Corp.
Saleh, Y., & Issa, G. F. (2020). Arabic Sign Language Recognition through Deep Neural Networks Fine-Tuning. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(5). https://doi.org/10.3991/IJOE.V16I05.13087
Santoso, A., & Budy, A. Z. (2019). Machine Learning & Reasoning Fuzzy Logic Algoritma, Manual, Matlab, & Rapid Miner. In Deepublish. Deepublish.
Sari, A. M., Ismail, I., & Sardiyanah, S. (2020). Problematika Pembelajaran Muhadatsah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di IAI Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(2). https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i2.437
Shiohira, K. (2021). Understanding the Impact of Artificial Intelligence on Skills Development Education 2030. In UNEVOC. UNEVOC.
Untara, W., & Setiawan, T. (2020). Problema Mesin Penerjemah Berbasis AI dalam Proses Penerjemahan Buku Inggris-Indonesia dan Solusinya. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1). https://doi.org/10.14421/ajbs.2020.04105
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 seulanga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.