Pembelajaran Materi Mad Lazim Dengan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A MTs As'adiyah Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.47655/4dze1m11Keywords:
Hasil Belajar, Mad Lazim, Metode DrillAbstract
Guru menganalisis hasil asesmen awal terhadap materi mad lazim dan mendapatkan hasil hasil yang belum memuaskan. Dari 25 siswa kelas VIII A MTs As'adiyah Uloe terdapat 17 (68%) siswa yang belum tuntas karena capaian nilai hasil tes <75. Untuk mengatasi masalah ini, guru menerapkan metode drill dalam pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian berjumlah 25 siswa kelas VIII A MTs As’adiyah Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan pada setiap siklus, dengan alokasi waktu pembelajaran tiap pertemuan 2 x 40 menit. Waktu pelaksanaan tindakan pada pekan ke-3 bulan Juli sampai pekan ke-3 bulan Agustus tahun pelajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pada akhir siklus, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus persentase dan narasi dari hasil refleksi tiap siklus. Indikator keberhasilan tindakan adalah 85 % siswa mencapai ketuntasan belajar dengan nilai minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes akhir siklus I terdapat 19 (76 %) siswa mencapai nilai tuntas, dan 6 (24%) belum mencapai nilai tuntas. Terjadi peningkatan sebesar 44 % dari hasil belajar prasiklus. Rekomendasi dari hasil refleksi siklus I diperbaiki pada siklus 2 agar hasil tes pada akhir siklus II meningkat, dan 25 (100%) siswa mencapai nilai tuntas. Sehingga indikator keberhasilan tindakan telah terpenuhi. Adapun keberhasilan tindakan didukung oleh aktivitas belajar mengajar yang interaktif dan komunikatif, yaitu: (1) guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan detil, (2) guru menerapkan sintaks metode pembelajaran sesuai modul ajar, (3) terdapat relevansi antara penerapan metode dan penggunaan media pembelajaran yang digunakan pada siklus 2, (4) siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, (5) siswa menunjukkan motivasi belajar yang baik.
Downloads
References
Amin, & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.
Aminah, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dan Best Practice Bimbingan PTK Bagi Pengawas Sekolah/Madrasah. Nizamia Learning Center.
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298.
Anisah, N. F. (2024). Implementasi Metode Drill pada Pembelajaran Al QuranHadist. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 27–36.
Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). UMM Press.
Fauzi, H. N., & Darmawan, M. A. (2019). Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Hasil Belajar. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 1–16.
Harahap, S. D. (2023). Penerapan Metode Drill pada Praktek Ibadah untuk Anak Usia Dini di RA Darussalam Huta Siantar. JURNAL TILA: Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal, 3(1), 389–398.
Hasnawati, Syafi, A., & Akmal. (2023). Penerapan Metode Make a Match pada Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A di MTs As’adiyah Uloe. JIEP: Journal of Islamic Education Papua, 1(1), 74–84. https://doi.org/https://doi.org/10.53491/jiep.v1i1.611
Jamhuri, M. (2016). Penggunaan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al QuranSiswa di Smk Dewantoro Purwosari. Jurnal Al-Murabbi, 1(2), 201–216.
Jubaedah, S., & Rahim, A. (2022). Pemanfaatan Audio Visual dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Haurgeulis. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(2), 73–82.
Khoiriyah, N. (2020). Al QuranHadis Kelas VIII. Kementerian Agama RI.
Khoirulloh, A. N., Hafidz, & Nashihin, H. (2023). Strategi Menghafal Al QuranSantri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Griya Qur’an 3 Klaten. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 863–877.
Latipah, Siti., dkk. “Penerapan Metode Drill And Practice Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al – Mau’izhoh 6, no. 1 (2024): 754-764.
Lestari, W. R., Wahyudin, U. R., & Abidin, J. (2021). Efektivitas Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3847–3851.
Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35.
Nelliraharti, Fajri, R., & Fitriliana. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Digital. Journal of Education Science, 9(1), 46–54. http://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/2883/1508
Oktarina, Mikyal. “Faedah Mempelajari dan Membaca Al Quran Dengan Tajwid.” Serambi Tarbawi, Jurnal Studi Pemikiran, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam 8, no. 2 (2020): 147-162.
Pendis, Perdirjen. Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Nomor 3302 Tahun 2024, Jakarta: Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, 2024.
P, I. D. N., Syafe’i, I., & Akmansyah, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Al QuranHadits dengan Strategi Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik MIN 4 Way Kanan. Attractive: Innovative Education Journal, 6(2), 417–447.
Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint melalui Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8–12.
Pohan, S. S. (2022). Upaya Guru Mencerdaskan Para Siswa SD Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat Pandemi Covid 19. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 9(1), 86–96.
Rahman, Aril Aulia dan Nasryah, Cut Eva. Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
Septiani, I., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Nilai - Nilai Pendidikan Islam Dalam Al Qurandan Hadist. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 12(2), 23–32.
Supiyatun, S. (2022). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Menghafal Surat-Surat Pendek dalam Al-Qur’an. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(4), 446–454.
Syafi’i, A., & Bulan, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Fikih pada Siswa Kelas VII D di MTs As’ adiyah Uloe Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think, Pair, and Share). Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://www.ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/78
Tawakkal, T., Kasmirawat, F., & Saidah, S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Drill pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis Kelas VII MTS Ma’arif Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 2(2), 103–120.
Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Gedongtataan Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 109–113.
Zulfahmi, dkk. “Efektivitas Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Seni Membaca Al Quran.” Genderang Asa: Journal Of Primary Education 3, no. 1 (2022): 79-90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 seulanga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.