Penggunaan Alat Peraga Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Siklus Hidup Hewan Bagi Siswa Kelas IV MIN 10 Bener Meriah

Authors

  • Marshida Abd. Muis MIN 15 Bener Meriah
  • Mawaddah MIN 10 Bener Meriah, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.47655/jyrfpd67

Keywords:

Alat Peraga, Puzzle, Hasil Belajar

Abstract

Kompleksitas materi ajar siklus hidup hewan sekitar yang tinggi dan desain pembelajaran yang kurang cocok dengan kebutuhan belajar siswa menyebabkan hasil belajar tidak sesuai target, meskipun guru telah menggunakan pendekatan saintifik. Data hasil pretes, dari 27 siswa terdapat 19 (70,4%) yang tidak tuntas atau hanya 8 (29,6%) siswa yang tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi siklus hidup hewan dengan menggunakan alat peraga puzzle. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada bulan Januari hingga Februari 2023 ini menetapkan subjek penelitian sejumlah 27 siswa pada kelas IV MIN 10 Bener Meriah. Tindakan dilakukan selama 2 siklus, di tiap siklus ada 2 kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data hasil tes menggunakan rumus perhitungan persentase dan disajikan secara deskriptif. Indikator keberhasilan tindakan adalah 20 (75%) siswa mencapai nilai tuntas. Hasil tindakan pada siklus 1 terdapat 12 (44,4%) siswa yang memperoleh nilai tuntas dan pada akhir siklus 2 meningkat menjadi 21 (77,7%). Perbandingan hasil belajar sebelum tindakan atau prasiklus (29,6%) dengan hasil belajar setelah selesai tindakan atau akhir siklus 2 (77,7%) terjadi peningkatan sebesar 48,1 %. Pada siklus 1 aktivitas mengajar guru belum maksimal dalam mengelola kelas dan menyampaikan materi pembelajaran, sedangkan sebagian besar siswa masih pasif. Pada siklus 2 aktivitas guru semakin sistematis dalam menuntun langkah-langkah pembelajaran. Aktivitas belajar siswa teramati menyenangkan, komunikatif, interaktif dan fokus pada kegiatan kelompok. Dengan demikian, penggunaan alat peraga puzzle dapat meningkatkan hasil belajar materi siklus hidup hewan di sekitar bagi siswa Kelas IV MIN 10 Bener Meriah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artama, S. d. (2023). Evaluasi Hasil Belajar. Tanjong Morawa: PT. Mifandi Mandiri Digital.

Dani dkk. (2021). Landasan Pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana.

Hanim, N. d. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Puzzle Pada Materi Struktur Bagian Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biotik XI 2023 (pp. 158-165). Banda Aceh: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/19541/8453.

Hardi Tambunan dkk. (2021). Manajemen Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151-165. doi: https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94

Ibda, H. (2022). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar: Fenomena, Teori, dan Implementasi. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Johar, R. (2021). Strategi Belajar Mengajar untuk Menjadi Guru Profesional. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Juwairiyah. (2013). Alat Peraga dan Media Pembelajaran Kimia. 4(2), 1-3. From https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/download/85/65/

Kartini, I. A. (2023). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema Kegemaranku. Journal of Education Action Research, 7(3), 303-309. doi: https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.67292

Kemdikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pelajaran pada Kurikulum 2013 untuk pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemdikbud RI.

Kurnia, N. N. (2024). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 2 Koreak. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 7(1), 31-42. doi:https://doi.org/10.51158/koulutus.v7i1.1116

Lalu Ismail dan Viera Restuani Adia. (2021). Fasilitator dan Teknik Fasilitasi Pembelajaran. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Lalu Ismail, Viera Restuani Adia. (2022). Fasilitator dan Teknik Fasilitasi Pembelajaran. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Londa, A. H. (2018). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran IPA. Journal of Elemantary School (JOES), 1(2), 113-120. doi:https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.359

Lucia. (2010). Belajar dengan Heboh. Yogyakarta: G-Media.

Marshida. (2023). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Siklus Hidup Hewan di Sekitar. Redelong: MIN 10 Bener Meriah.

Matondang, R. d. (2021). Ragam Media Pembelajaran PPKN. Malang: Literasi Nusantara.

Nurul Zuriah dan Hari Sunaryo. (2017). Pendidikan Karakter. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurul Zuriah dan Hari Sunaryo. (2018). Malang: Surya Pena Gemilang.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Oktaviani, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 3 Simbarweingin Tahun Pelajaran 2019/2020. Lampung: IAIN Metro.

Putra, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Sekolah Dasar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Rahmah Johar dan Latifah Hanum. (2021). Strategi Belajar Mengajar untuk Menjadi Guru yang Profesional. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Restian, A. (2020). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Kemdikbud RI, (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pelajaran pada Kurikulum 2013 untuk pendidikan dasar dan menengah. Jakarta.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY, 4(1), 1-17. From https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/1969/pdf

Warapsari, D. A. (2015). Pengembangan Contextual Puzzle dengan Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Tema Pencemaran dan Dampaknya bagi Makhluk Hidup. (807-814, Ed.) USEJ (Unnes Science Education Journal), 4(1). doi: 10.15294/usej.v4i1.5014

Widyawati, S. (2021). Asyiknya Kooperatif Tipe Picture and Picture Dalam Belajar IPA, Untuk Kelas III Sekolah Dasar. Surakarta: UNISRI Press.

Zulkifli, dkk. (2022). Pengantar Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penggunaan Alat Peraga Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Siklus Hidup Hewan Bagi Siswa Kelas IV MIN 10 Bener Meriah. (2025). Seulanga, 4(1), 1-15. https://doi.org/10.47655/jyrfpd67