Peningkatan Hasil Belajar Materi Pengurusan Jenazah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas X MA Muslimin Indonesia Center Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.47655/seulanga.v4i1.219Keywords:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar, Pengurusan JenazahAbstract
Peserta didik kelas X MA Muslimin Indonesia Center Samarinda mengalami kesulitan dalam memahami materi pengurusan jenazah, sehingga hasil belajar belum sesuai harapan. Terdapat 14 (56%) peserta didik yang belum mampu mencapai nilai sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 80. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi pengurusan jenazah melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada pertengahan September hingga pertengahan November 2024 pada 26 peserta didik kelas X MA Muslimin Indonesia Center Samarinda. Tindakan dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit/Jam Pelajaran. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Analisis data hasil tes menggunakan rumus proporsi untuk menghitung persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dan wawancara disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa ketuntasan belajar peserta didik meningkat dari 46% pada tahap prasiklus menjadi 73% pada akhir siklus 1. Pada akhir siklus 2 ketuntasan belajar mencapai 96%. Jika dibandingkan hasil belajar prasiklus (46%) dengan hasil belajar siklus 1 (73%), maka terjadi peningkatan sebesar 27 %. Adapun antara hasil belajar akhir siklus 1 (73%) dengan hasil belajar akhir siklus 2 (96%) terjadi peningkatan sebesar 23 %. Sehingga perbandingan hasil belajar sebelum tindakan (46 %) dengan hasil belajar setelah selesai tindakan (96%), terjadi peningkatan sebesar 50 %. Aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan sangat baik setelah dilakukan refleksi hasil belajar siklus 1. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan hasil belajar materi pengurusan jenazah bagi peserta didik kelas X MA Muslimin Indonesia Center Samarinda.
Downloads
References
Abdul, M. Z. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Bidang Studi Fiqih Di Kelas VIII MTs Tarbiyatul Akhlaq Wedoroanom Driyorejo Gresik. Journal of Islamic Education Management & Research (JIEMR), 1(2), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jiemr.v1i2.1498
Aminah, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dan Best Practice Bimbingan PTK Bagi Pengawas Sekolah/Madrasah. Nizamia Learning Center.
Ariefky, M. M., & Inayati, N. L. (2023). Peran Guru PAI dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Sumatif Peserta didik di SMK Negeri 6 Sukoharjo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2343–2350. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.586
Artama, S. d. (2023). Evaluasi Hasil Belajar. Tanjong Morawa: Mifandi Mitra Digital.
As’ari, H., & Hayati, R. M. (2024). Penerapan Metode Discovery Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta didik pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Nuurul Haq Rumbia. Ta’lim, 6(1), 47–59.
Azis, M., Tikollah, M. R. T., Sahade, S., Azis, F., & Samsinar, S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). JIPM: Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 53–59.
Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). UMM Press.
Fitriani, F. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi QS. Al-Tin/95: 30. Khidmat, 2(2), 307–312.
Haliza, U. N. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Materi Pemulasaran Jenazah dalam Pembelajaran Fikih di MA Al-Hidayah Rawadenok Depok. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 293–302.
Handayani, P., & Arsya, F. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Penyelenggaraan Jenazah pada Mata Pelajaran Fikih oleh Peserta didik MTs Muhammadiyah Baringin Kabupaten Agam. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 370–376.
Iwantoro, d. (2022). Discovery Learning sebagai Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19. JIE: JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION, 7(2), 154-167. Diambil kembali dari https://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/download/275/143
Maisyarah, A., Nurhasnah, N., Alimir, A., & Karim, H. A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta didik Kelas VIII Di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(4), 85–94. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i4.222
Mariyana. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester II Melalui Workshop di SDN 1 Mantangai Tengah Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 11(1), 29-41. Diambil kembali dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/download/1109/913/2064
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmatullah, F., & Jasman, J. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Dan Penggunaan Media Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Makanan Halal Dan Haram Bagi Peserta didik Kelas VI A MI Al-Ishlah Kota Sorong. Seulanga, 3(2), 153–164. https://doi.org/https://doi.org/10.47655/932b4174
Rodin, I. d. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Melalui Strategi Pembelajaran PQ4R di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar (, 4(1), 86-95. Diambil kembali dari https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/download/192/126
Rohmania, Q. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas VII MTs Annuriyyah Jember [Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/8752
Rubiyati. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran dengan Menerapkan Discovery Learning. JIPS: Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(1), 112–122. https://ejournal.pgrikotasemarang.org/index.php/jips/article/view/47
Sakir, M., & Syafi’i, A. (2024). Peranan Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah dalam Mempererat Kesatuan Bangsa. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 16(1), 54–69. https://doi.org/https://doi.org/10.47945/tasamuh.v16i1.1176
Syafi’i, A., & Bulan, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Fikih pada Peserta didik Kelas VII D di MTs As’ adiyah Uloe Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think, Pair, and Share). Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://www.ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/78
Syahfitri, A., Fuadi, A., & Wiguna, S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Peserta Didik Kelas VIII Di MTs An-Nadia Lubuk Jaya." (2025): Jurnal Kajian Dan Riset Mahapeserta didik, 1(4), 588–602.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 seulanga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




Balai Diklat Keagamaan Aceh E-ISSN : 2961-8789